Saturday 23 February 2013

Alat Musik Tradisional Maluku


Beberapa alat musik tradisional yang berasal dari Provinsi Maluku antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Tifa
  2. Idiokordo
  3. Gong
  4. Arababu
  5. Korno
Ingin tahu lebih jelasnya? Baca penjelasan singkatnya di bawah tentang alat-alat musik tesebut di atas.

                                 Penjelasan Tentang Alat Musik Maluku


  1.Tifa

Alat musik yang memiliki nama cukup unik dan singkat ini adalah alat musik seperti gendang yang dibuat dari bahan kayu yang tengahnya dilubagi atau dikorek isinya sehingga berlubang. Kemudian salah satu ujungnya ditutup dengan kulit rusa yang sudah dikeringkan. Sehingga ketika dipukul akan menghasilkan suara.

  2.Idiokordo

Alat musik petik ini sering disebut juga dengan nama Tatabuhan. Bentuknya seperti siter yang memiliki senar. Dimainkan dengan cara dipetik senarnya. Bagian utamanya terbuat dari kayu yang diukir dan dibentuk sedemikian rupa.

  3.Gong

Inilah salah satu alat musik tidak bernada yang terkenal hingga ke manca negara. Bahkan untuk acara-acara resmi kenegaraan seperti rapat paripurna, rapat nasional, semintar, muktamar dan lain sebagainya tidak lepas dari suara pukulan Gong ini. Gong juga merupakan alat musik tradisional Maluku yang terbuat dari logam.

  4.Arababu

Arababu adalah sejenis rebab yang dibuat dari kayu. Namun sebagai ruang penghasil suaranya dibuat dengan bambu.

  5.Korno
Mungkin ini alat musik yang paling unik karena dibuat bukan dari kayu, bukan dari bambu, bukan juga dari kulit, namun dibuat dari rumah siput yang dimainkan dengan cara ditiup. Unik, bukan?
Nah, itulah beberapa alat musik tradisional Maluku yang tentunya menjadi tambahan wawasan bagi kita akan kekayaan seni dan budaya dari negeri tercinta kita, Indonesia.

 sumber

0 comments:

Post a Comment